Inilah Beberapa Alasan Mengapa Anak Merasa Bosan Di Sekolah

Banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap suasana hati atau mood anak ketika berada di sekolah.

Oleh sebab itu, rasa bosan ketika berada di sekolah sangat lumrah terjadi pada setiap anak, apalagi jika anak tersebut memang malas belajar di sekolah.

Berikut ini Guru Abata akan membahas tentang beberapa alasan anak merasa bosan di sekolah. Kurang lebih terdapat empat alasan yang biasanya terjadi pada anak sekolah.

Inilah Beberapa Alasan Mengapa Anak Merasa Bosan Di Sekolah

1. Kurang Termotivasi

Anak sekolah yang tidak memiliki motivasi belajar biasanya enggan memperhatikan pejelasan guru saat pembelajaran berlangsung, atau bisa juga tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah.

Meskipun demikian, tapi anak ini belum tentu anak yang malasa. Mungkin saja ia berpikiran bahwa materi yang sedang dipelajarinya tidak terlalu penting. Atau bahkan bisa jadi hal seperti ini merupakan pertanda anak tersebut mengalami depresi.

2. Kurang Tertantang

Seorang anak yang dapat memahami materi pembelajaran dengan cepat terkadang memiliki keluhan bosan berada di sekolah. Biasanya penyebab utama dari hal tersebut adalah karena merasa kurang tertantang pada tugas atau materi yang diberikan.

Akan tetapi, walaupun anak ini tergolong cerdas, mereka tetap butuh pengawasan agar tidak melakukan hal yang ceroboh dalam menyelesaikan tugas dan sering tidak belajar.

Meskipun nilai yang diperolehnya memiliki hasil yang tinggi, tapi dalam prosesnya ia tetaplah anak yang merasa bosan di sekolah.

3. Merasa Tidak Dekat Dengan Guru Atau Teman

Alasan ini akan membuat anak merasa terisolasi karena tidak ada orang lain yang bermain dan membantunya di sekolah. Sehingga keadaan tersebut ia artikan sebagai rasa bosan tatkala di sekolah.

Apabila masalah ini menjadi penyebab utama ia bosa di sekolah, maka berilah ia pemahaman yang meyakinkan bahwa dirinya adalah bagian dari teman-teman dan gurunya di sekolah.

4. Mengalami Kesulitan Dalam Proses Pembelajaran

Perasaan bosan akan hinggap pada anak yang menemui kesulitan dalam melaksanaan proses belajarnya di kelas. Akibatnya ia akan menjadi malas untuk mengikuti pembelajaran.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa jadi karena metode pembelajaran kurang tepat, guru tidak mengajak murid untuk berperan aktif dalam pembelajaran atau bahkan pikirannya terbagi karena ada masalah dengan keluarganya di rumah.

Perasaan bosan di sekolah dapat muncul pada setiap anak disebabkan oleh salah satu atau kombinasi dari beberapa faktor penyebab tersebut di atas.

Namun bagaimana pun juga alasan yang terjadi pada anak yang merasa bosan di sekolah adalah tanggungjawab guru selaku orang yang diamanahi oleh orang tua mereka.

Sebaiknya guru harus membuat inovasi pembelajaran yang lebih baik dan selalu melakukan pendekatan kepada peserta didik yang kedapatan tidak memperlihatkan sikap semangat ketika proses pembelajaran berlangsung.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama