Apakah Wajar Anak Kelas Satu SD Masih Belum Bisa Membaca?

Biasanya kita tahu bahwa anak yang masih duduk di kelas satu Sekolah Dasar (SD) sudah mampu membaca, menulis dan menghitung.

Akan tetapi jika anak kelas satu tersebut belum bisa membaca, sebaiknya orang tua tidak terlalu mengkhawatirkan masalah tersebut!

Pada umumnya anak-anak sudah mampu membaca sejak duduk di kelas satu SD. Namun usia dan tingkat kelas tersebut bukan merupakan ukuran khusus anak sudah mampu membaca.

Peran orang tua sangat diperlukan pada persoalan ini untuk memahami kondisi psikolog sang anak.

Apakah Wajar Anak Kelas Satu SD Masih Belum Bisa Membaca?

Anak kelas satu SD ditekankan untuk selalu belajar membaca dan menulis. Dalam tingkatan tersebut ada sebagian anak yang berkembang lebih cepat dan ada pula yang lebih lambat atau biasa saja.

Oleh sebab itu, orang tua harus dapat mengajak anak untuk mengembangkan kemampuan fisik dan psikologisnya dalam belajar membaca dan menulis.

Karena pada dasarnya masing-masing anak mempunyai usia pertumbuhan yang beragam. Sehingga pada usia anak yang sama ada kemungkinan seorang anak sudah mampu melakukan sesuatu lebih cepat, sedangkan anak lain seusianya berkembang cukup lambat.

Namun demikian, anak dengan kemampuan berkembang kurang cepat tidak berarti bermasalah. Hal itu sangat wajar terjadi karena perkembangan anak berbeda-beda meskipun pada usia yang sama.

Orang tua harus mampu memahami keterlambatan pada kemampuan membaca yang dimiliki oleh sang anak. Serta melakukan berbagai pendekatan dan metode untuk mendorong minat dan bakatnya dalam membaca dan menulis.

Mengapa harus orang tua yang melakukan hal tersebut?

Karena orang tua merupakan orang terdekat bagi anak. Sedangkan guru di sekolah tidak hanya mendidik pada satu anak saja, meskipun mungkin saja guru di sekolah sudah berupaya memberikan perhatian dan pembelajaran khusus bagi anak tersebut.

Namun tetap saja orang tua tidak bolhe berpangku tangan melihat fenomena seperti ini. Ia harus berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis anaknya sendiri.

Demikian pembahasan pada artikel mengenai anak kelas satu sekolah dasar yang belum bisa membaca ini Guru Abata sampaikan. Semoga bermanfaat bagi guru dan orang tua yang kesulitan menghadapi masalah mengenai anak kelas satu sekolah dasar yang belum bisa membaca.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama